Pantangan Dan Mitos Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Pantangan Dan Mitos

Pantangan adalah sebuah perbuatan yang tidak boleh dilakukan oleh manusia atau bisa dikatakan dilarang dilakukan. Dan Pantangan itu sangat begitu kental dengan adanya mitos. Mitos itu sendiri adalah suatu kepercayaan yang sifatnya bisa dipercaya dan tidak bisa dipercaya. Tinggal kita yang harus pintar dalam menyikapinya. Ibaratkan pantangan dan mitos itu adalah surat dan perangko, mereka sangat berhubungan erat.
Pantangan Dan Mitos Untuk Ibu Yang Sedang Hamil
Apalagi kita hidup di Indonesia khususnya Jawa, yang lingkungannya dominan masih percaya dengan mitos. Berbicara tentang mitos ada banyak hal yang terkandung didalamnya, Entah itu soal kehidupan sehari hari, pekerjaan atau pun tentang asmara. Pokoknya mitos itu udah mengental deh dikehidupan kita.
Kadang kita yang terlahir sudah berfikir modern yang sudah mengikuti perkembangan jaman,menganggap mitos itu adalah hal yang enggak penting, kebanyakan kita enggak percaya tuh yang namanya mitos, dan kita sering berfikir mitos itu adalah pikiran desa/jadul yang mungkin tak akan pernah dipakai dijaman yang sudah modern ini.
Tapi Orang tua kita atau nenek kakek kita melihat kalau kita melakukan hal yang menurutnya pantangan tuh pasti kita langsung ditegur dan dimarahi supaya tidak melakukan lagi karena pamali.tapi kalau kita ditegur pasti dengerinnya dari telinga kanan keluar ke telinga kiri deh hahhaha
Yah,kita tidak bisa menyalahkan siapapun, setiap manusia mempunyai keyakinan yang berbeda mungkin beberapa mitos yang dianggap orang tua kita penting untuk kita dengar,bertujuan baik untuk kita. Dan kembali lagi kepada kita untuk bisa mempercayainya atau tidak,kita harus bisa menyikapi dengan benar, jika itu bisa menjadikan kita lebih baik kenapa tidak?.

Pantangan Dan Mitos Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Pantangan dan Mitos di lingkungan kita sangatlah mempengaruhi di berbagai aspek kehidupan,Contohnya saja soal kegiatan sehari-hari, pekerjaan dan Asmara. Terlihat aneh dan unik sih kalau kita mendengar macam-macam mitos yang ada,tapi kita sebagai manusia yang baik harus menghargai tradisi yang ada. Dan 
kita saat ini akan membahas tentang apa saja pantangan dan mitos untuk ibu yang sedang hamil yang sering dilarang oleh Orang yang lebih tua dari kita.

  1. Ibu Hamil tidak diperbolehkan Makan Cumi-cumi,ikan lele atau pun ikan patin. Nah kita tau kan cumi-cumi,lele dan patin sangatlah banyak mengandung gizi yang baik untuk anak-anak kenapa tidak boleh dimakan ya? hehehe  ini alasannya, cumi-cumi,lele dan patin kan punya kulit yang licin dan cara berenangnya sangatlah lincah, mitos nya jika kita makan cumi-cumi,lele dan patin saat hamil bayi yang akan dilahirkan akan susah dilahirkan karena saat melahirkan bayi yang akan dilahirkan yang posisinya sudah mau keluar dia masuk lagi dan itu secara berulang ulang, makanya ibu hamil tidak diperbolehkan makan cumi-cumi.
  2. Ibu Hamil Tidak diperbolehkan Makan sayur Terong. Kalau menurut kita semua sayuran baik bagi kesehatan apa lagi saat hamil harus banyak makan sayur biar bayinya sehat. Terong yang direbus atau dimasak pastinya dia akan mengerut. Dan itu alasannya kenapa ibu hamil tidak boleh makan terong. karena Dipercaya jika makan terong bayi yang akan dilahirkan yang dikira didalam perut bayinya besar,waktu diluar bayinya akan mengecil dan kulitnya mengerut. 
  3. Ibu hamil tidak diperbolehkan memotong ayam, kaki ayam,dan kepiting. Jika dilakukan dipercaya anaknya akan sawanen(sama apa yang kita lalukan terhadap ayam dan kepiring itu). 
  4. Ibu hamil tak diperbolehkan keluar rumah waktu maghrib atau saat petang akan datang. Jika itu dilakukan dipercaya waktu lahiran si ibu akan mengeluarkan banyak darah (uat kidang) yang rasanya sangat sakit. 
  5. Ibu Hamil tidak diperbolehkan banyak mengkonsumsi makanan yang Manis-manis dan Minum banyak Es. Mitos mengatakan kalau banyak makan makanan manis dan minum es bayi akan sangat besar dan susah dikeluarkan secara normal.
  6. Ibu Hamil tidak boleh Ngomongin Orang. Karena menurut mitos anak yang akan dilahirkan akan meniru orang yang kita perbincangkan. hahahhaha
  7. Ibu hamil harus mengungkapkan apa yang diingininya. Kata mitos jika ibu hamil tak memenuhi apa yang dia inginkan anaknya akan suka ngiler(mengeluarkan air liurnya). Nah ini adalah pantangan yang disukai ibu hamil karena apa? apa yang diinginkannya harus terpenuhi hahaha
Nah keliahatan aneh,lucu dan unik kan mitos tentang pantangan ibu hamil?hehe Ya kita harusnya bangga menjadi orang indonesia yang mempunyai banyak adat, tradisi dan mitos yang unik.
Kembali ke kita lagi, kita mau percaya atau tidaknya mitos itu. Jika menurut kita baik apa salahnya mengikutinya.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantangan Dan Mitos Untuk Ibu Yang Sedang Hamil"

Posting Komentar